Waktu, Tempat | Materi Pembahasan |
Referensi:
Judul | Sumber |
Panduan Panitia Qurban |
-
|
77 Tanya Jawab Sholat |
H. Abdul Somad, Lc, MA
S1 Al-Azhar, Mesir. S2Darul-Hadits, Maroko Dosen Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
Rumusan Hasil Keputusan Bahtsul Masa'il LBM PCNU Purwodadi ke-15 |
PP. Assa'adah Gebangan Putat Purwodadi Ahad Pahing 20 Agustus 2017
|
Jawaban LBM PCNU Kab. Grobogan Seputar Zakat |
Lembaga Bahtsul Masa'il PCNU Kab. Grobogan
|
Kumpulan Bahtsul Masa'il_1 |
Sukorejo 1980 : Keputusan Bahtsul Masail Syuriyah NU
Wilayah Jawa Timur di PP. Salafiyah Sukorejo Asembagus Situbondo, 16-17 Jumadil
Ula 1400 H/ 2-3 April 1980 M
|
Kumpulan Bahtsul Masa'il_2 |
Koleksi Bahtsul Masail yang dimiliki oleh KH. A. Masduqi
Machfudh, termasuk arsip Kolom Bahtsul Masail dari majalah PWNU Jawa Timur
Aula, Bahtsul Masail Wilayah (PWNU) Jawa Timur, dan Bahtsul Masail pada
muktamar maupun pra-muktamar NU
|
Kumpulan Bahtsul Masa'il_3 |
Pondok Pesantren Sidogiri. Alamat : Desa Sidogiri Kraton Pasuruan Jawa
Timur. Telp. (0343) 420444 Fax. (0343) 428751
|
3 komentar:
Bahtsul Masa'il Online Mwc Nu Tersono
11 Juli ·
Dari Nur khozin : Dumateng poro Kyai yg terhormat mohon penjelasannya ! Pertanyaan : bahwa yang menurunkan dan sekaligus menjaga al Qur'an adalah Allah swt secara langsung tetapi mengapa didalam ayat al Qur'an disebutkan kok menggunakan dhomir
انا tidak نحن
Promosikan Kiriman
20 orang dijangkau
Bahtsul Masa'il Online Mwc Nu Tersono
Suka
Tunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Bagikan
Kronologis
1 Ibnu Setya Jaya
Komentar
Bahtsul Masa'il Online Mwc Nu Tersono
Bahtsul Masa'il Online Mwc Nu Tersono Alloh menurunkan al.qur'an dg keterlibatan mahluq,seperti malaikat,.tempat dll,begitu pula dlm menjaganya.di tulis di cetak di hafal,secara haqiqi alloh,secara majazi sy ikut menjaga al qur'an karna sy hafal surat al kausar.wallohu a'lam
(KH. Abdul Malik)
Suka · Balas · 1 · 11 Juli pukul 13:01
Kelola
Bahtsul Masa'il Online Mwc Nu Tersono
Bahtsul Masa'il Online Mwc Nu Tersono Ini sepengetahuan saya yg saya peroleh dr guru saya : Alloh tidak menggunakan dhomir "Ana" melainkan "nahnu" karena Allah menghargai kepada yang terlibat di dalamnya (manusia).. Contoh : - Al quran (yg mencetak, menghafal, dll) -penciptaan manusia (Allah jg mengunakan dhomir nahnu" karena ada keterlibatan orangtua/bapak dan ibu. Sekian, makasih. Dumateng poro yai ingkang langkung ngertos, punten 😊 (Ust. Dayu)
Suka · Balas · 11 Juli pukul 13:03
Kelola
Bahtsul Masa'il Online Mwc Nu Tersono
Bahtsul Masa'il Online Mwc Nu Tersono
نحن دلالة معظم نفسه ومع الغير
Kalau di Al Qur'an ada ayat memakai NAHNU faedahnya :
لتعظيم شأنه.......Lihat Lainnya
Lihat Terjemahan
Suka · Balas · 11 Juli pukul 13:53
Kelola
مد واجب متصل
مد واجب متصل Ngapunten yai ustad revensinya atau ta birnya dipun canyumaken kersanipun gmpil mengkajinipun. Spindah maleh ngapunten
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan · Balas · Kirim Pesan · 1 · 11 Agustus pukul 8:31
Bahtsul Masa'il Online Mwc Nu Tersono
11 Juli ·
KIRIMAN SEBELUMNYA,,,
Khalimi Lim
Assalamualaikum aku mau bertanya bagai mana hukumnya wanita berpoliandri dlm hukum Islam ?
Kemarin pukul 17:15 · Dikirim dari Messenger
Mwc Nu Tersono
mhn jika berkenan utk mengirim pertanyaan pada berita/wall, bukan lewat inbox, barangkali pertanyaan atau jawaban bisa utk rujukan saudara yg lain, matursuwun
Kemarin pukul 17:43
Mwc Nu Tersono
Hukum Poliandri HARAM
ﻋﻦ ﺳﻤﺮﺓ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺃﻳﻤﺎ ﺍﻣﺮﺃﺓ ﺯﻭﺟﻬﺎ ﻭﻟﻴﺎﻥ ﻓﻬﻲ ﻟﻸﻭﻝ ﻣﻨﻬﻤﺎ ( ﺭﻭﺍﻩ ﺍﺣﻤﺪ ﻭﺍﻷﺭﺑﻌﺔ ﻭﺣﺴﻨﻪ ﺍﻟﺘﺮﻣﺬﻱ )
ﺳﺒﻞ ﺍﻟﺴﻼﻡ ﺷﺮﺡ ﺑﻠﻮﻍ ﺍﻟﻤﺮﺍﻡ ﺝ : ٣ ﺹ : ١٢٣
Siapa saja wanita yg di nikahkan oleh dua orang wali,mzka pernikahan yg sah wanita itu adalah bagi yg pertama dari keduanya.
ﻭﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﺩﻟﻴﻞ ﻋﻠﻰ ﺃﻥ ﺍﻟﻤﺮﺍﺓ ﺍﺫﺍ ﻋﻘﺪ ﺑﻬﺎ ﻭﻟﻴﺎﻥ ﻟﺮﺟﻠﻴﻦ ﻭﻛﺎﻥ ﻋﻘﺪ ﻣﺘﺮﺗﺒﺎ ﺍﻧﻬﺎ ﻟﻸﻭﻝ ﻣﻨﻬﻤﺎ ﺳﻮﺍﺀ ﺩﺧﻞ ﺑﻬﺎ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﺃﻭﻻ . ﺃﻣﺎ ﺍﺫﺍ ﺩﺧﻞ ﺑﻬﺎ ﻋﺎﻟﻤﺎﻓﺈﺟﻤﺎﻉ ﺃﻧﻪ ﺯﻧﺎ،ﻭﺍﻧﻬﺎ ﻟﻸﻭﻝ،ﻭﻛﺬﻟﻚ ﺇﻥ ﺩﺧﻞ ﺟﺎﻫﻼ ﺍﻻ ﺍﻧﻪ ﻻ ﺣﺪ ﻋﻠﻴﻪ ﻟﻠﺠﻬﻞ . ﻓﺈﻥ ﻭﻗﻊ ﺍﻟﻌﻘﺪﺍﻥ ﻓﻲ ﻭﻗﺖ ﻭﺍﺣﺪ ﺑﻄﻼ ﻭﻛﺬﺍ ﺇﺫﺍ ﻋﻠﻢ ﺛﻢ ﺍﻟﺘﺒﺲ ﻓﺈﻧﻬﻤﺎ ﻳﺒﻄﻼﻥ ﺍﻻ ﺍﻧﻬﺎ ﺍﺫﺍ ﺍﻗﺮﺍ ﺍﻟﺰﻭﺟﺔ ﺍﻭ ﺩﺧﻞ ﺑﻬﺎ ﺍﺣﺪ ﺍﻟﺰﻭﺟﻴﻦ ﺑﺮﺿﺎﻫﺎ ﻓﺈﻥ ﺫﻟﻚ ﻳﻘﺮﺭ ﺍﻟﻌﻘﺪ ﺍﻟﺬﻱ ﺍﻗﺮﺕ ﺑﺴﺒﻘﻪ ﺍﺫ ﺍﻟﺤﻖ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﻓﺈﻗﺮﺍﺭﻫﺎ ﺻﺤﻴﺢ ﻭﻛﺬﺍ ﺍﻟﺪﺧﻮﻝ ﺑﺮﺿﺎﻫﺎ ﻓﺈﻧﻪ ﻗﺮﻳﻨﺔ ﺍﻟﺴﺒﻖ ﻟﻮﺟﻮﺏ ﺍﻟﺤﻤﻞ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺴﻼﻣﺔ
Hadist di atas bahwasanya jika seorang perempuan jika di ajadkan oleh dua orang wali untuk dua orang laki-laki dan akadnya beruntun,maka perempuan tersebut milik laki laki yg pertama dr keduanya,baik di gauli oleh laki-laki yg kedua ataupun tidak,adapun jika laki laki yg kedua mengakui perempuan tersebut dan dia mengetahui ( sdh di akad oleh laki-laki yg pertama) maka menurut ijma' itu adalah zina.
ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺍﻋﻠﻢ ﺑﺎﻟﺼﻮﺍﺏ
(kh. shohibul Anwar)
4 jam yang lalu
Khalimi Lim
Matur nuwu yai...
1 jam yang lalu · Dikirim dari Messenger
Mwc Nu Tersono
sama-sama, semoga manfaat
28 menit yang lalu
Khalimi Lim
Aamin
26 menit yang lalu · Dikirim dari Messenger
_____________________________________
Ahmad T Al-Jawi
Assalamualaikum wr wb,, mohon dibantu dan dijelaskan kepada para a'lim ulama,,apakah santunan kematian dari perusahaan termasuk harta wAris yang harus dibagikan?? Ditunggu jawabannya ,mtrnwn
29 Juni pukul 6:50 · Teman
Mwc Nu Tersono
wa'alaikum salam warohmatullah wabarakaatuh
mhn ditunggu, admin dalam proses konfirmasi jawaban ke para ulama dan kyai
Disunting · Suka · Balas · Sunting · 1 Juli
Ahmad T Al-Jawi
yap...
Suka · Balas · Hapus · Laporkan · 30 Juni
Mwc Nu Tersono
Kalau santunan itu untuk si mayit berarti harta tarikah,setelah urusanya mayit di selesaikan maka di waris referensinya ala sabilil qiyas
(kh. shohibul Anwar)
Suka · Balas · Sunting · 1 Juli
Ahmad T Al-Jawi
Matur suwun...
Suka · Balas · Hapus · Laporkan · 1 Juli
Bahtsul Masa'il Online Mwc Nu Tersono
27 Agustus ·
Bp yai, mhn dibantu
An. Bp Sya'ban, menanyakan terkait org yg blm aqiqah apakah bisa langsung melaksanakan sunah qurban? Matursuwun atas jawabannya
[21/8 20.27] KH. Abdul Malik: Tdk boleh.aqiqoh &kurban dua hal yg berbeda
[24/8 08.44] KH. Sochibul Anwar: Menurut Imam Romli satu kambing boleh dan cukup bila di niati untuk aqiqah sekaligus kurban meskipun menurut Imam Ibnu Hajar tidak menganggapnya cukup.
مسئلة) لو نوي العقيقة والضحية لم تحصل غير واحد عند حج ويحصل الكل عند مر اهـ
(Masalah) Apabila seseorang meniati aqiqah dan qurban, maka tidak hasil kecuali satu (niat) menurut Imam Ibnu Hajar dan bisa hasil keseluruhannya menurut Imam Muhammad Ramli. (Itsmid al-‘Ain Hal 77).
Ibarot senada bisa dilihat di : Bughyah alMustarsyidin 154, al-Baajuri II/304 dan al-Qalyubi IV/255
[24/8 09.01] joko endutz: Berdasar ini pak yai, sebenarnya masih bingung, langsung saja misal saya sbg contoh pak, saat usia saya bayi kan belum diaqiqahi org tua, dan pada kesempatan saat ini stlh saya dewasa saya ingin berqurban, melihat dulu saya blm aqiqah berarti saya tidak bisa berqurban njeh pak yai, harus melakukan aqiqah dulu? Mhn tanggapannya, saya jg mau jawab masih bingung,,, matursuwun sebelumnya,
[24/8 10.53] KH. Sochibul Anwar: Boleh semua korban dulu/aqiqoh dulu/ di niyati kedua2 nya
Posting Komentar